Recents in Beach

Aad Nur Sayyidus Syuhuur Baking, Mahasiswa Berprestasi Bidang Bahasa Arab



       MalangDi era milenial ini, para pemuda harus bisa berinovasi dan mengembangkan potensinya. Banyak hal yang bisa ditingkatkan untuk menambah potensi diri, salah satunya dengan bahasa. Seperti yang kita ketahui, bahasa menjadi senjata penting untuk komunikasi sehari-hari. Tanpa bahasa, kita tidak akan mungkin bisa memahami karakter manusia. Sehingga, bahasa menjadi hal yang lumrah untuk  dipelajari.
    Aad Nur Sayyidus Syuhuur Baking, mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Arab di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang menorehkan prestasi memukau. Aad bersama dua rekannya, Nandang Nurdiansah dan Ratna Mahesi berhasil menyabet juara dua dalam lomba debat bahasa arab. Acara bertajuk, “Multikulturalisme Sebagai Basis Kebudayaan di Asia Tenggara Kontemporer,” 2018 berlangsung meriah dengan peserta se-Asia Tenggara. Tidak hanya prestasi se-Asia Tenggara, Aad juga juara ketiga lomba debat bahasa arab tingkat Internasional di Malaysia pada Maret 2018. Tak tanggung-tanggung, Aad pun mendapat gelar, “Best Speaker,” dalam debat itu. Sungguh prestasi yang menakjubkan.
Persiapan menyambut lomba, Aad dan dua rekannya selalu latihan intens. Dalam sehari, mereka berlatih dua kali untuk meningkatkan strateginya. Sore dan malam menjadi waktu mereka mengemukakan pendapat, memperdalam materi, dan berlatih pengucapan. Materi yang akan diperlombakan, mereka baca tuntas dan mencari pendapat sebaik mungkin. Tak jarang, Aad dan timnya memiliki pendapat yang berbeda. Namun, Aad dan timnya berhasil mengatasi dan merangkum semua pendapat menjadi fakta yang jelas. Selama latihan pun, Aad juga di pantau oleh pihak Fakultas kampus untuk mengoreksi dan memberi saran. Sehingga, penampilan Aad dan tim berjalan sempurna saat pertandingan berlangsung.



 Aad Nur Sayyidus Surur; Sebelah Kiri / Kabar Tokoh
Dibalik keberhasilan Aad dalam lomba tersebut, tidak terlepas dari perjuangan yang ia lakukan. Aad mempelajari bahasa arab pertama kali ketika ia menuntut ilmu di tingkat MTS Pondok Pesantren Riyadhatul Mujahidin, Kendari. Awal menekuni bahasa arab, Aad mengaku kebingungan, “Pastinya bingung, namanya juga bahasa asing. Tapi seiring berjalannya hari, bisa lah beradaptasi,” ungkap laki-laki kelahiran 1998 tersebut. Selama di pondok, ia disuguhi pembelajaran bahasa arab yang bervariasi. Contohnya adalah, menonton film, mendeskripsikan benda, dan bernyanyi. Semua itu digiatkan dengan menggunakan bahasa arab. Aad mengaku senang dan tidak pernah bosan dengan bahasa arab.
Cita-cita besar Aad untuk kuliah di Mesir menjadi kunci kesuksesannya saat ini. Mimpi besar Aad melanjutkan ilmu ke Mesir membuatnya antusias mendalami Bahasa Arab. Demi kelancarannya dalam Bahasa Arab, Aad berusaha menghafalkan tiga kosa kata dalam sehari. Hal tersebut dilakukan hingga ia duduk di bangku kuliah. Tak heran jika kemampuan Aad dalam berbahasa Arab bisa bersaing di kancah Internasional. 
Pesan Aad, “Jangan pernah meragukan kekuatan mimpi.” Nah, buat kamu generasi milenial, jangan takut untuk berjuang! Berjuang adalah proses untuk kami mencapai masa keemasan. Jangan pernah mengeluh, karena mengeluh malah membuatmu jatuh. “Karena Setiap Orang Adalah Pejuang.” Mau berkenalan lebih lanjut dengan Aad? Yuk follow instagramnya @sayyed_syuhuur

Berikut daftar pestasi Aad tahun  2016-2018:
Tahun 2016 :
1. Peserta terbaik OPAK Fakultas Humaniora
2. Juara 2 Debat Bahasa Arab Pekan Araby UM Malang

Tahun 2017 :
1. Juara 1 Debat Bahasa Arab FBB UIN Jogjakarta
2. The best speaker Debat Bahasa Arab FBB UIN Jogjakarta
3. Juara 1 Debat Bahasa Arab Arabic Fair UNS Surakarta
4. Juara 2 Debat Bahasa Arab Festival budaya Asia Tenggara UIN Jakarta
5. Juara 2 Debat Bahasa Arab Fest Universitas Padjajaran
6. Delegasi UIN Malang dalam workshop Public speaking di UNEJ Jember
7. Awardee Beasiswa Unggulan
8. Juara 2 Debat Bahasa Arab gebyar bahasa MSAA UIN Malang

Tahun 2018
1. The best speaker UADC UII
2. Juara 3 Debat Bahasa Arab Ihtifal IPT ASEAN USIM Malaysia
3. The best speaker Debat Bahasa Arab Ihtifal IPT Asean USIM Malaysia
4. Duta KKN Nusantara eks IAIN Sunan Ampel di Lombok
5. Juara favorit Debat Bahasa Arab Sukarabic Fest UIN Jogjakarta
6. The best speaker Debat Bahasa Arab Sukarabic Fest UIN Jogjakarta
7. Juara 2 debat Bahasa Arab festival kebudayaan Arab Universitas Gajah Mada
8. The Best speaker Debat festival kebudayaan Arab UGM



Posting Komentar

0 Komentar