Bagus Darianto, Makin Aktif Gaungkan Gerakan Menanam ke Komunitas


Namanya mungkin tidak sepopuler Toprak, pembalap WSBK yang ikut ngarit emak-emak di sirkuit Mandalika, tetapi Bagus Darianto cukup dikenal dikawasan Pantai Serang Blitar karena sering terlihat membawa banyak bibit tananam untuk di tanam di lahan perhutani di kawasan sebelah Timur Pantai Serang.
Bapak dua anak yang sering dispaa Mas Dar Gombez ini memang terkenal rajin menanam sejak beberapa tahun yang lalu.

Ada yang berbeda pada Sabtu sore, 20 November 2021. Bagus Darianto kali ini tidak sendiri, ia menanam bersama puluhan siswa-siswi PSHT Rayon Panggungrejo, warga Desa Serang dan Polhut Lodoyo Timur, mereka menanam ratusan bibit secara bersama-sama.

Ternyata gerakan menanam bersama ini diinisiasi Bagus Darianto dan adiknya Endik Koeswoyo. “Pelan-pelan kami mengganti rugi lahan Perhutani yang selama ini digarap warga, sejak 2018 hingga sekarang sudah ada 4 titik lahan yang kami ganti rugi, dulu milik petani sini, terus kami dekati, kami ganti rugi untuk kami tanami berbagai jenis tanaman hutan, dan tanaman produktif,” ujar Bagus Darianto.

Dukungan penuh juga diberikan oleh Polhut Lodoyo Timur, sebanyak 300 bibit tanaman diberikan secara gratis. Kepala BKPH Perhutani Lodoyo Timur Kabupaten Blitar, Tukani bahkan langsung ikut terlibat dalam proses penanaman bibit untuk menjadi Kawasan Hutan Lindung Percontohan.
Bibit pohon flamboyan yang ditanam warga Desa Serang 
Selain ikut menanam, Tukani juga memberikan edukasi kepada siswa-siswi PSHT Rayon Panggungrejo tentang cara menanam, dan pentingnya perawatan.

“Harus ada pemeliharaan, kita siangi, kita rawat dan lain-lain, yang paling penting adalah pemeliharaan. Perawatan yang paling penting,” ujarnya di depan siswa-siswi PSHT yang hari itu dengan riang gembira menanam ratusan pohon.

Posisi Bagus Darianto sebagai Ketua Rayon PSHT Panggungrejo memudahkan dirinya menjalankan program penghijauan dengan mengajak peserta usia muda generasi Z PSHT untuk ikut terlibat. Bagus berharap kegiatan menanam sebagai media pengenalan dan pemahaman generasi Z betapa pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan untuk mengerungai dampak perubahan iklim.

Endik Koeswoyo selalu pengelola lahan perhutani seluas 2 hektar menyampaikan tetang penanaman bibit yang teruji kuat ditanam di wilayah yang dekat dengan udara laut.

“Setelah beberapa tahun melakukan uji coba penanaman, bibit yang berasal dari biji terbukti lebih kuat bertahan ketimbang bibit yang sudah tumbuh atau yang kita datangkan dari luar wilayah Pantai Serang. Penyesuaian udara yang mengandung garam laut dan tanah berkapur membuat bibit-bibit yang didatangkan dari luar wilayah Pantai Serang lebih sulit bertahan hidup,” sambung Endik Koeswoyo yang selama ini dikenal sebagai penulis Skenario Film yang juga sangat aktif menanam di sekitar rumahnya di Desa Serang Blitar, Blitar, Jawa Timur.

Bagus Darianto komitmen untuk terus menanam dan menjaga pertumbuhan tanaman bersama komunitas PSHT yang ia pimpin di rayon Panggungrejo. Dalam beberapa pekan ke depan Bagus akan mengajak komunitas memancing Brofic untuk kegiatan menanam Kawasan Hutan Lindung Percontohan di lahan perbukitan Pantai Serang Blitar.
Kabar Tokoh
Kabar Tokoh Karena Setiap Orang Adalah Pejuang

Posting Komentar untuk "Bagus Darianto, Makin Aktif Gaungkan Gerakan Menanam ke Komunitas"