Ariny NH – Eka PuSaka: Bocorkan Rahasia Tembus Mayor!

 Penulis: Nurule Freenzy  -  Editor: Seno Ns

Banyak penulis pemula yang menganggap bahwa menembus penerbit mayor tuh susah. Sudah berkali-kali mencoba, tapi selalu gagal.

Sebenarnya kalau tahu rahasianya sih bakal mudah saja nembus penerbit mayor. Nah, kali ini rahasia menembus penerbit mayor dibongkar habis-habisan oleh pihak penerbitan.

Senin, 07 Juni 2021 dalam agenda rutin JPI CLASS ON THE MOON menghadirkan Ariny Nurul Haq dan Eka Wahyu Manduri sebagai mentor Sharing Session secara daring. 

Pembahasan dimulai pukul 16.00-17.30 WIB. Adapun Tema besar yang diangkat adalah Mengenali Jenis dan Sistem Penerbitan Buku.

Dari sharing session itu dibahas, jenis Penerbitan buku sendiri ada 4, di antaranya: Mayor, Semi Mayor, Indie Label, dan Self Publishing. 

Ariny NH, CEO AT Press dan Kak Eka Wahyu yang juga CEO PuSaka Publishing menjelaskan detail mengenai seluk beluk penerbitan.

Penulis yang lebih dikenal dengan nama Ariny NH mengaku bahwa kriteria naskah setiap penerbitan itu berbeda, termasuk penerbit Mayor.

“Standar naskah lolos mayor tuh ada 2, menarik dan memiliki nilai jual tinggi,” tulis CEO AT Press via grup WhatsApp.

Selain berbagi pengetahuan tentang kriteria juga jenis penerbitan buku, Eka Wahyu Manduri selaku CEO PuSaka Publishing juga sharing pengalamannya mendirikan penerbitan. 

Mulai dari mengurus akta pendirian perusahaan, surat-surat lainnya yang diurus oleh notaris, sampai berbagi pengalaman tentang strategi marketing penjualan buku.

“Rupanya mengurus izin mendirikan penerbitan tidak semudah yang dibayangkan, Gaes,” tulis perempuan yang biasa dipanggil Mak Pacul dalam sesinya tersebut.

Harapannya setelah sharing session itu para penulis anggota komunitas Jaringan Penulis Indonesia punya bekal pengetahuan perihal penerbitan.

Jadi, nantinya tidak ada lagi yang mengeluh susah menembus penerbit mayor.

Admin
Admin Kerja sebagai perawat dan auditor internal di sebuah rumah sakit swasta di Jogja. Co-founder Temupenulis.org, di sela-sela waktu mencoba jadi penulis freelance, web blog developer, editor film, desainer grafis, dan internet marketer.

Posting Komentar untuk "Ariny NH – Eka PuSaka: Bocorkan Rahasia Tembus Mayor!"