Servita Ramadhianti, Mengupas Tuntas Teknik Wawancara di JPI Class on The Moon

 Penulis: Nuzulul Rahma - Editor: Servita Ramadhianti

  
 

Senin (05/07) Servita Ramadhianti alias Inyong berbagi ilmu pengetahuan tentang “Teknik Wawancara untuk Menulis Artikel Berita” dengan inspiratif.  Gadis kelahiran Balikpapan pada 7 Februari ini menyampaikan semua hal yang wajib diketahui para penulis berita sebelum benar-benar menghadap narasumber. Pembukaan acara disambut meriah oleh sahabat JPI. Beberapa diantaranya mengacungkan tangannya satu per satu pada mentor sebagai pertanda bahwa sedang menyimak diskusi. Diskusi dimulai pukul 19.00 WIB disertai dengan rasa ingin tahu yang besar oleh para peserta.

Berbekal pengalaman yang bisa dibilang luar biasa, Servita tidak segan-segan mengupas apa itu wawancara, tujuannya, dan cara mengumpulkan informasi sebelum diolah menjadi berita yang bisa dinikmati oleh pembaca. “Bagi kalian yang baru pertama kali meliput berita atau artikel, perlu diketahui bahwa jalan ninja dari wawancara atau mencari data itu ada tiga,” tutur Servita saat mengisi materi di grup WhatsApp JPI. Meski mulanya kelas terasa hampa, saat mentor memancing dengan pernyataan-pernyataan yang menarik anggota, sebagian besar mampu berpartisipasi dengan baik, sehingga kelas berjalan lancar sampai selesai.

Adapun teknik wawancara yang dijelaskan oleh Servita adalah sebagai berikut: pertama, menentukan tema berita atau artikel, kedua, menentukan angle atau fokus tulisan, ketiga, menentukan narasumber, dan terakhir menyusun pertanyaan yang meliputi 5W + 1H. Selain itu, tidak lupa Servita menyertakan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum benar-benar menemui narasumber agar tidak terkesan kurang. “Jangan lupa untuk bersikap sopan, tidak menginterogasi, dan pastinya pertanyaan harus disusun dan ditelaah terlebih dahulu,” ungkap Servita.

Itulah beberapa informasi inspiratif yang disampaikan Sevita, dia juga welcome pada semua anggota grup yang ingin bertanya ataupun menanggapi. Semoga selalu menginspirasi, ya, Servita Inyong. Kata-kata motivasi yang Servita berikan kepada seluruh sahabat JPI adalah, “Selagi muda asahlah potensi diri, terus menginspirasi melalui literasi.”

 



Posting Komentar untuk "Servita Ramadhianti, Mengupas Tuntas Teknik Wawancara di JPI Class on The Moon"